Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Situs Kami

PENTINGNYA MEMBACA ALQUR’AN


Assalamu’alaikum. 
Sebelum membahas kepokok bahasan kita perlu mengetahui dulu apa itu  pengertian Alqur’an.
     القران هو كلام الله المنزل على سيدنا محمد بواسطة جبريل المتعبد  بتلاوته                                                                                                                              
 Artinya :
Alqur’an yaitu firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril Yang diganjar/diberi pahala bila  mau membacanya.
Alqur’an sebagai kitab Allah yang paling akhir diturunkannya dari semua kitab-kitab Allah yang berjumlah 104 kitab.Alqur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad pada usia ke 40 tahun di Gua Hira’pada tanggal 17 Ramadlan dengan perantara malaikat Jibril.
Kembali kepokok pembahasan pentingnya membaca Alqur’an tentu terdapat banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari Alqur’an.Pertama kali seorang yang membaca Alqur’an disyaratkan untuk berwudlu dan bersuci dari hadas kecil maupun besar karena allah berfirman dalam  Alqu'an:
                                لا يمسه الاا لمطهرون                                                                                                                                                                                                                                                         
Artinya :Tidak boleh memegang alqur’an kecuali orang-orang yang suci.
Memang dalam ayat ini terjadi banyak perbedaan dalam maknanya ada yang menganggap bahwa yang di maksud orang yang suci itu adalah malaikat ,tapi menurut Imam Syafi’I yang dimaksud adalah anak Adam.
Dalam zaman yang sudah terpengaruh globalisasi,teknologi yang sudah tidak bisa dicegah lagi banyak orang-orang yang masih meremehkan Alqur’an .Untuk membaca saja masih banyak orang yang tidak bisa bahkan ironisnya mereka yang tidak bisa tidak mau berlatih dan belajar bagaimana membaca Alqur’an yang baik dan benar sesuai dengan  Ilmu Tajwid.Belajar Ilmu Tajwid itu hukumnya fardlu kifayah tetapi untuk mempraktekannya hukumnya fardlu ‘ain.Sedikit Cerita Ketika saya masih kecil bahkan sebelum Tk Abah saya selalu membiasakan saya untuk mengaji Alqur’an setiap kali habis sholat maghribbesama semua putra-putrinya  kalau tidak pasti dimarahi dan saya belajar ilmu alqur’an langsung kepada Abah saya jadi ketika dewasa Alhamdulillah kebiasaan itu tertanam dalam jiwa.
Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim Bahwa Nabi bersabda :
مثل المؤمن الذي يقرأ القران مثل الترجة ريحها طيب و طعمها طيب و مثل المؤمن الذي لا يقرأ القران مثل التمرة لا ريح لها  و طعمها حلو و مثل المنافق الذي يقرأ القران مثل الريحنة ريحها طيب و طعمها مر و مثل المنافق الذي لا يقرأ القران كمثل الحنظنة ليس ريح  و طعمها مر                                                                                                                                                           
Artinya:Perumpamaan Orang Mu’min yang membaca Alqur’an bagaikan Buah Jeruk Baunya enak dan rasanya enak , dan orang mu’min yang tidak mau membaca Alqur’an seperti Buah kurma tidak ada baunya dan rasanya manis , dan orang munafik yang membaca alqur’an seperti Bunga kamboja baunya enak rasanya pahit , dan orang munafik yang tidak membaca Alqur’an bagaikan Buah labu tidak ada baunya dan rasanya pahit.
Dari hadis ini jelas perbedaan isi dan tampilan luar antara orang yang maun membaca alqur’an dan orang yang tidak mau membaca Alqur’an.
Manfaat yang diperoleh oleh Ahlul Qur’an yaitu orang-orang yang mau mendawamkan membaca Alqur’an dan mau mengamalkan isi Alqur’an antara lain besok pada hari qiyamah kedua orangtuanya akan diberi pakaian seperti raja dan ratu.
Orang-orang yang mau membaca Alqur’an dan mengamalkan isinya dia mempunyai beberapa sifat terpuji yand dicintai oleh Allah ,antara lain sering berbuat kebaikan,sabar,takwa,dan tidak membuat alqu’an sebagai usaha untuk memperoleh uang tetapi dia membaca alqur’an,menghafal alqur’an ikhlas karena Allah bukan untuk dengki,ladang cari uang dll.Oleh karena itu mari kita berlatih dan membiasakan belajar dan membaca  Alqur’an  dimana saja tempatnya jangan malu apabila salah tapi jadikan kesalahan itu untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi.
Begitulah rangkuman tentang pentingnya membaca Alqur’an semoga bermanfaat dan apabila ada salah kata saya pribadi mohon maaf sebesar-besarnya.
Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENTINGNYA MEMBACA ALQUR’AN"

Post a Comment

Biasakanlah berkomentar setelah membaca artikel dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.Komentar anda membantu kami untuk memberikan informasi yang lebih baik.