Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Situs Kami

SEBAB-SEBAB MANUSIA MENDAPATKAN DAN TERHALANG DARI WARISAN

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Pertama-tama sebelum saya masuk ke pokok bahasan saya berharap dengan adanya tulisan ini semoga dapat bermanfaat dan termasuk orang yang mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Semua manusia akan meninggal dunia, oleh karena itu mereka meninggalkan harta tentunya harta itu dapat diwariskan kepada keluarganya. Seperti diterangkan dalam Ilmu Faroild, seseorang itu dapat mendapatkan harta warisan sebab 3 perkara,yaitu:
  1. Nikah
Dengan adanya hubungan keluarga yang sah yang dijalin melalui tali pernikahan menyebabkan manusia dapat mendapat haarta warisan, tetapi harus digaris bawahi bahwa pernikahan tersebut merupakan pernikahan yang sah secara Agama Islam dimana harus memenuhi syarat dan rukunnya. Misal Ali menikah dengan Zainab dengan pernikahan yang sah, kemudian disuatu hari  Ali meninggal dunia maka Zainab mendapatkan bagian warisan dalam kejadian ini disebabkan karena hubungan pernikahan.
    2.       Wala’
Kalau saya menjelaskan ini di zaman seperti sekarang sepertinya sudah jarang bahkan tidak ada, karena wala’ adalah sebab seseorang mendapatkan waris karena memerdekakan budak . jadi ketika seseorang budak meninggal dunia maka orang yang memerdekakannya dapat mendapatkan bagian waris dengan ketentuan yang telah disyariatkan oleh agama.
   3.       Nasab
Nasab atau Tedak turun adalah dimana seseorang dapat mendapatkan harta warisan karena hubungan darah seperti bapak dan anak. Contoh Ali mempunyai 2 anak dan 2 orang tua , suatu ketika Ali meninggal dunia maka ke-2 anaknya dank ke-2 orang tuanya mendapatkan warisan sebab hubungan darah.
Sedangkan seseorang dapat terhalang atau mahjub bil wasfi dari bagian waris itu ada 3:
1.Budak
2.Membunuh orang yang akan diwaris meski dengan cara yang haq yang dibetulkan oleh agama
3.Beda agama . contoh: Ali meniksh dengan seorang wanita nashroni ketika Ali meninggal dunia maka istrinya tersebut tidak dapat mewarisi harta Ali, atau sebaliknya jika wanita tersebut  mati maka Ali tidak dapat mewarisi harta istrinya.

Begitulah SEBAB-SEBAB MANUSIA MENDAPATKAN DAN TERHALANG DARI WARISAN. semoga tulisan yang ala kadarnya ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEBAB-SEBAB MANUSIA MENDAPATKAN DAN TERHALANG DARI WARISAN"

Post a Comment

Biasakanlah berkomentar setelah membaca artikel dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.Komentar anda membantu kami untuk memberikan informasi yang lebih baik.