Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Situs Kami

TATA CARA SHOLAT ISTISQO' - KITAB FATHUL QORIB

Assalamu'alaikum

saudara-saudara muslim yang dirahmati Allah SWT, akhir-akhir ini musim di negara kita indonesia tidak menentu yang seharusnya musim panas malah terjadi hujan, dan sebaliknya bahkan dibeberapa daerah terjadi kekeringan yang memanjang. salam hal semacam ini sebetulnya Nabi kita pernah melakukan sholat unruk memohon hujan agar musim paceklik berakhir, inilah yang dinamakan dengan sholat istisqo'.

oleh karena itu dalam tulisan TATA CARA SHOLAT ISTISQO' -  KITAB FATHUL QORIB saya akan mengkajinya secara singkat dengan harapan kita dapat mengetahuinya dan mempraktekannya. pada dasarnya sholat istisqo' hukumnya sunnah. seorang imam sholat istisqo' memerintahkan kepada jama'ahnya untuk bertaubat kembali kepada Allah dan shodaqoh , meninggalkan kedholiman, berbuat baik kepada para musuh dan puasa selama 3 hari, kemudian keluar dihari keempat dengan menggunakan yang jelek untuk melakukan sholat 2 rokaat persis seperti sholat hari raya. kemudian setelahnya imam melakukan 2 khutbah dan memindahkan rida'nya dan memperbanyak berdoa dan memohon ampun kepada Allah, juga berdoa menggunakan doanya Nabi SAW yang berbunyi:

Ya Allah, jadikanlah hujan tersebut hujan rahmat, dan janganlah Engkau menjadikannya hujan tersebut sebagai siksa, kehancuran dan bala, serta bukan pula hujan yang menenggelamkan, Ya Allah jadikanlah hujan tersebut di tempat-tempat yang tinggi dan rendah, di tempat tumbuhnya pohon dan di lembah-lembah, Ya Allah, jadikanlah hujan tersebut disekitar kami dan bukan yang menghancurkan kami, Ya Allah, turunkanlah hujan yang memberikan pertolongan, mengenakan, memudahkan , tawar, lagi selamanya hingga hari pembalasan. Ya Allah, berilah kami hujan dan janganlah Engkau menjadikan kami manusia-manusia yang berputus asa. Ya Allah, sesungguhnya banyak penduduk dan wilayah dalam kepayahan, kelaparan dan kesempitan. Yang kami tidaklah mengadu kecuali kepadaMu. Ya Allah, tumbuhkankanlah bagi kami tanaman-tanaman, suburkan bagi kami susu, turunkanlah bagi kami keberkahan dari langit, dan tumbuhkan pula bagi kami dari keberkahan bumi, dan hilangkanlah bencana yang menimpa kami, yang tidak ada (yang mampu) menghilangkannya selainMu. Ya Allah, kami memohon ampunan Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, maka turunkanlah hujan kepada kami dengan lebat.
Dan hendaknya mandi ketika hujan turun di lembah-lembah, dan bertasbih ketika ada guntur dan kilat

Semoga tulisan TATA CARA SHOLAT ISTISQO' -  KITAB FATHUL QORIB dapat bermanfaat. baca juga Tata Cara Sholat Gerhana Bulan dan matahari Wassalamu'alikum.


#INFO: Bagi saudara muslim yang ingin mengirim tulisan tentang islam dapat dikirim ke muchammadakrom@gmail.com minimal 500 kata, tulisan yang terpilih akan di tampilkan di situs ini

Kata Kunci: Cara sholat istisqo', pasal sholat istisqo' fathul qorib, sholat meminta hujan, tata cara istisqo' fathul qorib, fathul qorib sholat istisqo'


Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "TATA CARA SHOLAT ISTISQO' - KITAB FATHUL QORIB"

Biasakanlah berkomentar setelah membaca artikel dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.Komentar anda membantu kami untuk memberikan informasi yang lebih baik.