Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Situs Kami

KESUNATAN DAN KEWAJIBAN MENDAHULUKAN SHOLAT FAIT DARI HADIROH



(وتقديمه على حاضرة لا يخاف فوتها) إن فات بعذر، وإن خشي فوت جماعتها - على المعتمد -. وإذا فات بلا عذر فيجب تقديمه عليها. أما إذا خاف فوت الحاضرة بأن يقع بعضها - وإن قل - خارج الوقت فيلزمه البدء بها. ويجب تقديم ما فات بغير عذر على ما فات بعذر. وإن فقد الترتيب لانه سنة والبدار واجب. ويندب تأخير الرواتب عن الفوائت بعذر، ويجب تأخيرها عن الفوائت بغير عذر.

KESUNATAN MENDAHULUKAN SHOLAT FAIT DARI HADIROH
Dan disunnahkan mendahulukan sholat fait atas hadiroh ketika seseorang tidak hawatir akan rusaknya sholat hadiroh ( dalam arti tidak menjadi sholat qodho' ), itu dengan catatan rusaknya sholat seseorang karena ada udzur. merurut qoul mu'tamad tetap disunnahkan meskipun seseorang khawatir akan rusaknya sholat hadiroh.

keterangan tambahan: yang dimaksud sholat fait adalah sholat yang ditinggalkan dan lebih dari  satu. sedangkan sholat hadiroh adalah sholat yang sedang dikerjakan.

WAJIB MENDAHULUKAN SHOLAT FAIT DARI HADIROH
ketika sholat seseorang rusak karena tidak ada udzur maka wajib mendahulukan sholat fait dari hadiroh. adapun nanti ketika seseorang khawatir sebab mendahulukan sholat fait dari hadiroh, sebagian rokaat sholat hadiroh akan keluar dari waktu sholat meskipun sedikit maka di wajibkan mendahulukan sholat hadiroh dari sholat fait.

KEWAJIBAN MENDAHULUKAN SHOLAT FAIT TANPA UDZUR
Wajib mendahulukan sholat fait tanpa udzur atas sholat fait yang disebabkan ada udzur. meskipun nantinya tartib sholat tidak dihasilkan, sebab hukum tartib adalah sunnah dan bergegas sholat adalah wajib.

KESUNATAN DAN KEWAJIBAN MENGAKHIRKAN ROWATIB
Disunnahkan mengakhirkan sholat sunnah rowatib dari sholat fait yang disebabkan ada udzur dan wajib mengakhirkan sholat sunnah rowatib dari sholat fait sebab tanpa ada udzur.

Semoga penjelasan KESUNATAN DAN KEWAJIBAN MENDAHULUKAN SHOLAT FAIT DARI HADIROH bermanfaat.

#Info : bagi saudara-saudara yang ingin mengirim artikel seputar islam dapat dikirim ke muchammadakrom@gmail.com minimal 500 karakter, artikel yang terpilih akan diterbitkan dalam situs ini

Kata Kunci: kesunatan mendahulukan sholat fait dari hadiroh, sholat fait, terjemah kitab fathul mu'in, kewajiban mendahulukan sholat fait, kesunahan mendahulukan sholat fait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KESUNATAN DAN KEWAJIBAN MENDAHULUKAN SHOLAT FAIT DARI HADIROH "

Post a Comment

Biasakanlah berkomentar setelah membaca artikel dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.Komentar anda membantu kami untuk memberikan informasi yang lebih baik.