Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Situs Kami

SEPULUH HAK SEORANG ANAK KEPADA KEDUA ORANG TUA

Berbakti kepada Kedua Orang Tua
Diceritakan dari Abi Huroiroh RA, dari Nabi Muhammad SAW," Sembahlah dzat yang maha pengasih dan penyayang" artinya esakanlah Allah dengan beribadah karena dzat yang berhak disembah adalah Allah. barang siapa menyekutukan Allah dalam ibadahnya dengan sesuatu yang lain, maka amal-amalnya tidak akan diterima dan ia besok di akhirot akan menjadi orang-orang yang rugi".

Dikatakan sepuluh haknya anak kepada orang tua:

  1. memberi makan
  2. melayani kedua orang tua
  3. ketika di undang orang tua untuk datang, maka ia mendatanginya
  4. taat kepada orang tua ketika orang tua tidak memerintahkan melakukan maksiat
  5. berbicara dengan lemah lembut
  6. ketika orang tua butuh pakaian, maka ia memberikan pakaian ketika mampu
  7. berjalan dibelakang orang tua
  8. menyenangkan orang tua dengan perkara yang ia(anak) sukai
  9. membenci orang tua dengan perkara yang ia ( anak ) benci
  10. mendoakan kedua orang tua, ketika ia sedang berdoa
Dari Faqih Ra, berkata:" diceritakan, ketika kedua orang tua meninggal, maka ia masih marah kepada anaknya, apakah ia( anak ) masih memintakan ridho setelah kedua orang tuanya meninggal?". dikatakan, sang anak masih mungkin memintakan ridho dengan 3 syarat: 1) anak yang sholih 2) anaknya masih bersilaturahmi kepada kerabatnya 3) sang anak meminta ampunan untuk kedua orangtuanya dan mendoakannnya dan bersedakah untuknya.

Dari Anas bin Malik RA, sungguh Nabi bersabda," tidak akan lurus iman seorang hamba sehingga hatinya lurus dan hatinya tidak akan lurus sampai lurus lisannya, dan seorang mu'min tidak akan masuk surga sampai tentangganya merasa aman dari omongannya".

Dab Nabi bersabda," barang siapa memuliakan tetangganya, maka wajib baginya masuk surga dan barang siapa menyakiti tetangganya maka Allah ,para malaikat, dan seluruh manusia akan melaknatnya".. artinya ketika menyakiti tetangga saja Allah dan seluruh makhluk akan melaknatnya, maka bagaimana jika seorang anak menyakiti kedua orang  tuanya sendiri?

Semoga penjelasan SEPULUH HAK SEORANG ANAK KEPADA KEDUA ORANG TUA bermanfaat, baca juga RUMAH DI NERAKA BAGI SANG SUAMI.

#Info : bagi saudara-saudara yang ingin mengirim artikel seputar islam dapat dikirim ke muchammadakrom@gmail.com minimal 500 karakter, artikel yang terpilih akan diterbitkan dalam situs ini

Kata Kunci: hak anak kepada orang tua, hak-hak anak, hak-hak yang diterima orang tua, hak orang tua dari anak, sepuluh hak anak.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "SEPULUH HAK SEORANG ANAK KEPADA KEDUA ORANG TUA"

  1. Semoga kita semua menjadi anak yang sholeh - sholehah serta berbakti kepada orang tua. amin

    Titip link ya, jangan di hapus :

    obat pelangsing
    agar tubuh menjadi langsing

    ReplyDelete

Biasakanlah berkomentar setelah membaca artikel dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.Komentar anda membantu kami untuk memberikan informasi yang lebih baik.