Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Situs Kami

TANGAN DAN MATA YANG TERKENA NAJIS

Pertanyaan:
  • Assalamu'alaikum. Saya mau bertanya. Disini saya sedang terkena was was. Begini, jika tangan kita terkena najis terus tanpa sengaja kita memegang mata kita, lalu bau dan warna najis yg ditangan tadi hilang karena air mata kita. Apakah tangan dan mata tadi masih dihukumi najis apa sudah suci ? Disini saya ragu terkena najis beneran apa tidak. Anggap saja tangan saya beneran terkena najis. Syukron ustadz. ( Pengirim: Frengki, frengkiadeputra99@gmail.com)

Jawaban :
  • Coba saya uraikan masalah di atas. perlu diketahui dalam ilmu ushul fiqh permasalahan syakk( ragu ) itu dikembalikan kepada asalnya. artinya jikalau saudara ragu apakan tangan saudara terkena najis atau tidak maka tangan anda tidak terkenan najis. tapi perlu di ketahui jikalau jelas ada 'ainun najasah ( najis yang jelas barangnya) atau ditemukan dari salah satu dari warna, bau, rasa dari najis maka tangan saudara di hukumi najis dan mata yang terkena tangan anda juga di hukumi najis
  • cara mensucikan tangan dan mata anda yang najis, pertama untuk tangan: bersihkan najis yang tampak yang ada di tangan saudara kemudian bilas atau gebyur dengan air yang suci dan mensucikan. jangan mencelupkan tangan anda di kulah/kolam yang kurang dari 2 kulah( kurang dari 60x60x60 cm). untuk mata bisa di limbang dengan air yang suci atau dicelupkan ke air yang lebih dari 2 kulah. Wallahu a'lam.
Baca juga MENJAMAK SHOLAT FARDLU DALAM SATU WAKTU pertanyaan seputar fikh dapat di kirim ke  sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANGAN DAN MATA YANG TERKENA NAJIS"

Post a Comment

Biasakanlah berkomentar setelah membaca artikel dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.Komentar anda membantu kami untuk memberikan informasi yang lebih baik.